Tiga Perbedaan Antara Ahlussunnah Dan Ahlul Bid’ah


Ada tiga perbedaan yang utama antara ahlussunnah dengan ahlul bid’ah dalam masalah iman, yaitu:

1. Ahlussunnah berkeyakinan bahwa iman itu terbagi bagi dan bercabang cabang. Dapat hilang sebagian dan tetap sebagian. Sedangkan ahlul bid’ah berkeyakinan bahwa iman itu satu tak terbagi dan tidak bercabang. Murji’ah memandang bahwa bila sebagian iman ada maka ada secara keseluruhan. Sedangkan khowarij berpendapat bahwa bila hilang sebagian maka hilang seluruhnya.

2. Ahlussunnah berkeyakinan bahwa iman itu bertambah dan berkurang. Pelaku iman juga berderajat keimanannya. Sedangkan ahlul bid’ah berkeyakinan bahwa iman itu tidak bertambah dan tidak berkurang.

3. Ahlussunnah berkeyakinan bahwa dapat terkumpul pada seseorang cabang cabang iman dan cabang cabang kufur, syirik dan tauhid sebagaimana ditunjukkan dalam surat yusuf ayat 106. Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, “Di sini ada pokok lainnya yaitu bahwa seseorang bisa terkumpul padanya kufur dan iman, taqwa dan kefajiran, nifaq dan iman. Ini adalah termasuk pokok aqidah ahlussunnah yang paling besar yang diselisihi oleh Ahlul bid’ah seperti khowarij, mu’tazilah, qodariyah.” (Kitab Ash Shalah, hal 39).

✍️ Ust. Badrusalam, Lc.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment